Tpd7TpCiBUWiBSGiGSCpGfWoTi==

Dongkrak Minat Kunjung Siswa ke Perpustakaan, Mahasiswa KKN UNDIP Luncurkan Program 'Library User Education' dan 'Be The SuperStar'

Dok. Istimewa
LELUASA.COM, KLATEN – Mahasiswa Prodi Ilmu Perpustakaan, Alya Dea Sasmaya, sebagai Anggota Tim II KKN Universitas Diponegoro, meluncurkan program inovatif yang berjudul “Library User Education & Be The SuperStar”. 

Program yang dilaksanakan pada Rabu (24/07/24) ini bertujuan untuk meningkatkan antusiasme kunjungan siswa ke perpustakaan dengan mengombinasikan pendidikan pemakai perpustakaan dan apresiasi bagi tiga siswa yang telah aktif berkunjung dan membaca buku di perpustakaan. 

Adanya upaya ini, diharapkan siswa lebih terdorong untuk memanfaatkan perpustakaan sebagai sumber belajar. 

Pada program ini, Alya Dea Sasmaya memberikan materi edukasi kepada siswa kelas 4 SD N Pondok yang melibatkan 35 siswa. 

Materi pertama, Library User Education disampaikan untuk meningkatkan pemahaman siswa mengenai perpustakaan, seperti pengenalan perpustakaan, pustakawan, jenis layanan, fasilitas, jenis koleksi serta jam buka layanan dan cara meminjam buku. 

Dalam pemaparan materi, para siswa sangat aktif dan responsif. Mereka sangat antusias dan menunjukkan rasa ingin tahu yang tinggi terhadap bagaimana cara memanfaatkan perpustakaan secara maksimal. 

Respon positif ini mencerminkan minat besar mereka untuk mengenal serta menggunakan perpustakaan sebagai sumber pengetahuan.

Dok. Istimewa

Tak berhenti disitu saja, Alya Dea Sasmaya juga memperkenalkan inovasi program “Be The SuperStar”. Program ini merupakan sebuah challenge atau tantangan bagi siswa untuk lebih aktif dalam memanfaatkan perpustakaan sekolah dengan cara berkunjung, meminjam dan membaca buku perpustakaan.  

Dalam program ini, siswa yang paling sering mengunjungi perpustakaan dan meminjam buku akan mendapatkan apresiasi. 

Apresiasi ini bertujuan untuk memberikan motivasi ekstra kepada siswa, sehingga mereka lebih bersemangat dalam mengembangkan kebiasaan membaca dan menjadikan perpustakaan sebagai tempat favorit untuk menambah wawasan dan pengetahuan. 

Program ini tidak hanya mendorong siswa untuk membaca lebih banyak, tetapi juga menumbuhkan budaya literasi di kalangan siswa SD N Pondok.

Sejak peluncuran program “Be The SuperStar”, antusiasme siswa terhadap perpustakaan mulai menunjukkan peningkatan yang signifikan. 

Program ini juga disambut positif oleh pihak sekolah, melihat adanya perubahan positif dalam minat baca dan frekuensi kunjungan perpustakaan di kalangan siswa. 

Banyak siswa yang sebelumnya jarang mengunjungi dan menafaatkan perpustakaan, kini mulai aktif berpartisipasi dalam kegiatan literasi dan membaca buku di perpustakaan. 

Setiap hari banyak siswa yang antusias mengikuti tantangan ini, harapannya dapat menjadi salah satu dari tiga “SuperStar” yang akan mendapatkan apresiasi di akhir program.

Program “Be The SuperStar” dimuali pada bulan Juli 2024 hingga Agustus 2024, dengan durasi sekitar satu bulan. Usulan program ini muncul dari keprihatinan terhadap menurunnya minat baca dan rendahnya tingkat kunjung perpustakaan di kalangan siswa. 

Dengan adanya program ini, diharapkan perpustakaan dapat kembali menjadi pusat kegiatan belajar yang diminati oleh siswa.

Selama berlangsungan program “Be The SuperStar”, Alya Dea Sasmaya melakukan pemantauan buku kunjung perpustakaan untuk melihat frekuensi kunjungan siswa ke perpustakaan. Pemantauan ini dilakukan secara berkala setiap dua minggu sekali guna memastikan keterlibatan aktif siswa dalam program. 

Melalui pemantauan ini, Alya Dea Sasmaya dapat mengidentifikasi tiga siswa yang paling sering berkunjung ke perpustakaan, yang kemudian akan dipilih untuk menerima penghargaan di akhir program. 

Beberapa apresiasi yang diberikan berupa penghargaan dan alat tulis.  Apresiasi ini diserahkan setelah upacara bendera, dengan tujuan menumbuhkan semangat literasi dan kecintaan terhadap perpustakaan di kalangan siswa. Dengan adanya program ini, harapannya dapat diterapkan secara berkelanjutan di SD N Pondok untuk terus meningkatkan minat literasi baca siswa di perpustakaan.

Editor: Nur Ardi

Type above and press Enter to search.