Tpd7TpCiBUWiBSGiGSCpGfWoTi==

Mahasiswa KKN UNDIP Ajarkan Peternak di Desa Sunggingan Cara Pembuatan Mineral Blok sebagai Suplemen Ternak

Dok. Istimewa
LELUASA.COM, SRAGEN - Mahasiswa Universitas Diponegoro kembali berkontribusi nyata bagi masyarakat melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN). 

Junita Aresda, mahasiswa dari Program Studi Peternakan, Fakultas Peternakan dan Pertanian, Universitas Diponegoro, mengadakan pelatihan pembuatan Mineral Blok sebagai Program Kerja di Desa Sunggingan, Kecamatan Miri, Kabupaten Sragen. 

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kesehatan ternak Sapi dan Kambing di Desa Sunggingan.

Mineral blok merupakan pakan suplemen ternak yang sudah dipadatkan, mengandung berbagai macam mineral dan vitamin yang baik bagi tubuh ternak yang mampu meningkatkan nafsu makan ternak, sehingga dapat meningkatkan produktivitas dan kesehatan ternak. 

Pelatihan ini dilakukan dengan tujuan agar para peternak di Desa Sunggingan mampu mengetahui alternatif suplemen pakan yang murah dan mudah dibuat. 

Junita menjelaskan bahwa pelaksanaan program kerja ini dilatarbelakangi karena kurangnya pengetahuan para peternak terhadap pentingnya suplemen pakan bagi produktivitas ternak. 

Peternak di Desa Sunggingan hanya bergantung pada pemberian pakan jerami saja karena banyaknya petani di desa ini dan tidak memberikan suplemen yang cukup. 

Pelatihan ini dilakukan dengan penjelasan mengenai manfaat Mineral Blok kepada para peternak, Alat dan Bahan yang dibutuhkan untuk pembuatan Mineral Blok, serta langkah-langkah pembuatan Mineral Blok yang sederhana dan efisien, dan dilanjutkan dengan Demonstrasi pembuatan Mineral Blok yang dilakukan langsung di depan para peternak. 

Dok. Istimewa

Kegiatan Pelatihan ini diakhiri dengan pemberian Produk Mineral Blok yang sudah dibuat kepada masing-masing para peternak, dan diharapkan agar para peternak dapat membuatnya sendiri serta dapat menambah pengetahuan para peternak seberapa penting pemberian Mineral Blok ini bagi produktivitas ternak.

Kegiatan KKN UNDIP di Desa Sunggingan ini merupakan bagian dari Program Kerja yang bertujuan untuk memberdayakan masyarakat pedesaan melalui transfer pengetahuan. 

Kegiatan ini juga menjadi bukti komitmen Universitas Diponegoro dalam mengabdikan diri kepada masyarakat demi kemajuan bersama, khususnya di daerah pedesaan.

Penulis : Junita Aresda
DPL : Tari Purwanti, S.Ant., M.A.

Editor : Nur Ardi

Type above and press Enter to search.